Rabu, 08 Agustus 2012

Elo Progo Art

Pintu Gerbang Masuk Elo Progo Art
Elo Progo Art merupakan salah satu galeri seni yang terkenal di Magelang. Galeri milik seniman Soni Arya Santoso ini terletak di Dusun Bejen, Desa Wanurejo, 5 km dari Candi Borobudur. Diberi nama Elo Progo karena galeri seni ini terletak persis di tepi pertemuan Sungai Elo dengan Sungai Progo. Di dalam galeri seluas 10.000 m2 ini kita dapat menyaksikan berbagai karya seni lukisan, bangunan-bangunan unik yang beberapa di antaranya bernuansa khas Bali, juga pemandangan menarik berupa pertemuan antara kedua sungai tersebut dengan latar belakang Gunung Sumbing yang sangat memanjakan mata tiap pengunjung yang datang.


Rumah Utama

Tempat menikmati Sungai progo
Para pengunjung juga dapat memanfaatkan beberapa sudut menarik yang telah tersedia yang terbuat dari batu maupun kayu untuk duduk-duduk bersantai sambil ditemani dengan suara aliran sungai yang menentramkan hati.
















Jalan Setapak Menuju Galeri dan Bumi Perkemahan
















Di galeri ini terdapat sanggar lukis yang dapat dimanfaatkan pelukis untuk menyalurkan hobinya. Juga terdapat jalan setapak untuk menuju bumi perkemahan  dan panggung unik yang didesain oleh seorang warga berkebangsaan Spanyol bernama Anik.
































 Panggung ini memiliki desain yang unik. Bagian tengah merupakan panggung utama, yang dikelilingi batu-batu klai sebagai tempat duduk penonton. Wisatawan yang datang berombongan dapat mengadakan pentas seni disini yang pastinya akan merasakan sensasi yang berbeda.
Panggung Untuk Pertunjukan
Di sekitar panggung terdapat bangunan-bangunan kecil nan unik yang dapat dipakai untuk beristirahat. 


Tempat penginapan
Jika melanjutkan perjalanan lagi maka pengunjung akan menemukan sebuah galeri lukisan yang cukup besar dan memanjang. Di dalamnya terpajang lukisan-lukisan karya Bapak Soni yang memiliki karakter khas menyerupai relief candi. Tempat ini sering dipakai untuk mengadakan pameran lukisan maupun acara makan bersama oleh tamu-tamu dari hotel terdekat. Kemudian pada bagian belakang bangunan tersebut terdapat tanah lapang yang berbatasan langsung dengan pertemuan antara Sungai Elo dengan Sungai Progo yang jernih, dan berseberangan dengan pemandangan kebun yang asri, juga Gunung Sumbing yang terlihat cantik. Keindahan akan bertambah ketika waktu sunset tiba. Terkadang tanah lapang ini juga difungsikan untuk acara pementasan.
View Sunset
  

Pelataran Untuk Bumi Perkemahan
Akses masuk ke galeri ini terbuka luas bagi siapapun tanpa dipungut biaya, kecuali jika masuk dalam rangka acara yang berhubungan dengan lukisan. Dari beberapa biro pariwisata telah memasukkan Elo Progo Art ke dalam paket wisata. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Elo Progo Art selain merupakan destinasi wisata, tempat ini juga menyediakan fasilitas untuk berkemah, menginap, pameran lukisan, serta mengadakan berbagai event lainnya. Penetapan tarif untuk penggunaan fasilitas bagi berbagai macam kegiatan tersebut bersifat fleksibel.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar