Sabtu, 04 Agustus 2012

Galeri Rik-Rok Kriya Kayu

Rik-Rok merupakan sebuah galeri handycraft dengan bahan baku kayu. Sejarah dari nama rik-rok diambil dari onomatipe (peniruan sebuah bunyi) hewan katak. Pemilihan nama itu didukung dengan filosofi suara katak yang sering kita dengar tampak merdu dan membagi peran. Suara-suara katak tak saling beradu, tetapi berpadu hingga terdengar nyanyian yang merdu.


Galeri Rik-rok yang terletak di dusun Tingal Kulon ini sudah cukup terkenal sebagai destinasi wisata di desa Wanurejo. Terletak sekitar satu kilometer sebalah timur dari Candi Borobudur.


Rik-rok terkenal dengan produksi pensil kayunya yang sering disebut pensil gaul yang berhiaskan ornamen pernak-pernik kesenian boneka-boneka klasik ataupun modern. Kerajinan lain yang telah dihasilkan adalah pensil bambu, pembatas buku, gantungan kunci, permainan tradisional dan gerabah batik.

Karya pensil gaul yang di pajang di galeri Rik-rok :
Pensil Gaul Topeng Motif Batik
Keanekaragaman bentuk pensil gaul rik-rok cukup klasik dan menjadi ciri khas desa Wanurejo, sehingga banyak diminati oleh wisatawan asing. Wisatawan yang berkunjung dapat melihat langsung proses produksi maupun ikut terlibat mencoba membuat pensil gaul sesuai keinginan. Dari rik-roknya sendiri pun memberikan paket pembelajaran untuk pembuatan kerajinan bagi wisatawan yang berminat.
Short profile :
Pemilik  : Ipung Purwanto
Alamat : Jalan Umbul Tirto No. 1 Tingal DesaWanurejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Telepon : 0293-788328, HP 08122779184
 Beberapa pernak-pernik yang tersedia di Rik-Rok :

Topeng-topeng bermotif batik :




Papan Permainan Dakon


Wayang Kayu

Miniatur Motor dari kayu

Gerabah dari kayu




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar